Tekstur dapat membuat objek-objek terlihat realistis, misalnya pada latar belakang suatu game. Namun beberapa objek mwmiliki ukuran yang besar sehingga diperlukan juga tekstur yang sesuai dengan ukuran objek. Ada dua cara yang bisa digunakan oleh user untuk memperbesar citra yaitu dengan tiling dan stretching. Namun keduanya masih memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan yang dihasilkan oleh tiling dan stretching memunculkan metode sintesa terstruktur salah satunya adalah dengan algoritma image quilting.
Oleh karena itu, dalam TA ini dibahas tentang pembuatan sintesa terstruktur untuk memperbesar tekstur dengan algoritma Image Quilting yang memiliki keuntungan yaitu : tekstur yang dihasilkan memiliki kualitas yang mirip dengan tekstur aslinya, serta prosesnya yang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Image Quilting merupakan metode sintesa tekstur untuk membentuk suatu tekstur baru dengan menghubungkan blok-blok yang diambil dari tekstur aslinya.
Teknik ini memberi hasil yang cukup memuaskan dalam penerapannya pada citra dengan berbagai jenis tekstur yang berbeda. Sedangkan untuk kualitas citra yang dihasilkan mirip dengan tekstur aslinya, terutama untuk ctra yang memiliki polatekstur yang jelas.