Hotel Kusuma Agrowisata merupakan salah satu hotel di kota Batu. Pada awalnya (1998),hotelini hanya memiliki beberapa kamar berupa Cottage dengan tipe superior. Seiring dengan pesatnya perkembangan pariwisata di Jawa Timur, khususnya di kota Batu, hotel Kusuma Agrowisata semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, maka perlu disediakan penginapan yang lebih luas dengan fasilitas yang lebih lengkap. Namun pertumbuhan dan perkembangan tersebut tidak diikuti dengan pengembangan sistem yang berkaitan dengan pertumbuhan pengelolaan Front Office yang cukup memadai, sehingga pada akhir-akhir ini perusahaan cenderung menghadapi masalah, diantaranya adalah adanya kecenderungan menurunnya kualitas pelayanan. Adapun faktor penyebab timbulnya permasalahan tersebut adalah :
- Jumlah tamu relatif bertambah besar, namun sistim pelayanan yang
dioperasikan relatif tetap.
- Jumlah tenaga manusia / SDM nya pun relatif tetap dan tidak
berubah.
Sehubungan dengan itu diusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat Pengembangan Sistim Informasi Front Office yang berbasis komputer. Selain itu manfaat yang ditawarkan dari sistem itu sendiri yaitu proses reservasi dan check in lebih mudah, kemudian proses pemesanan makanan dan minuman lebih mudah karena tidak menggunakan cara konvensional, melainkan dengan cara pemesanan melalui bagian Reception.