Proses pembelajaran instruksional kimia dasar yang menarik, informatif, kolaboratif dan mudah di lakukan merupakan beberapa bagian dari kebutuhan pembelajaran yang harus dapat diakomodasi oleh sistem e-learning disamping tentunya kemudahan akses tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Kebutuhan-kebutuhan tersebut menjasi erat kaitanny dengan konten. Dengan kata lain pemilihan dan pengelolaan konten menjadi hal yang penting agar e-learning dapat memberikan apa yang dibutuhkan oleh pembelajar. Selain itu penting pula adanya fleksibilitas serta penyesuaian dari program pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi yang tepat sehingga efektifitasnya dapat tercapai dengan maksimal.
Beberapa konten dapat di hadirkan pada sistem pembelajaran imia sebagai penduung efektivitas dalam pembelajaran kimia termasuk materi-materi kimia sebagai inti dari sistem pembelajaran ini sehingga dapat mendukung aktifitas belajar mandiri sesuai dengan e-learnign pada umumnya. Beberapa fasilitas tersebut adalah forum, virtual library,latihan soal, tes,dan materi pembelajaran. Diharapkan dengan adanya konten-konten tersebut pembelajaran kimia menjadi lebih menarik dan dapat membantu siswa untuk memahami materi kimia dasar yang disampaikan dalam sistem e-learning tersebut sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat mendukung kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia.