Front office adalah salah satu bagian dari departemen di Tretes Raya Hotel yang saat ini memerlukan sebuah sistem informasi yang mampu menangani pelayanan yang lebih cepat dalam pengelolaan informasi yang mampu menangani pelayanan yang lebih cepat dalam pengolahan data, guna menyesuaikan dengan kondisi da perkembangan Tretes Raya Hotel yang semakin komplek. Salah satunya adalah sistem informasi pelayanan check in, layanan dan check out, dimana para manajemen hotel tidak perlu disibukkan oleh berbagai urusan di front office yang rumit. Untuk memudahkan check out dalam hal pelayanan perhotelan, diperlukan sebuah sistem informasi yang bagus, cepat dan akurat. Agar informasi yang dihasilkan menjadi lebih jelas, efektif dan efisien. Sehingga pada akhirnya dapat membantu pengorganisasian manajemen antar basis di front Office Raya Hotel dengan bagian lain yang saling terkait satu sama lain terutama di dalam proses pengolahan data baik data tamu yang check in, memakai layanan dan check out maupun data keuangan hotel.