PERANCANGAN GAME KETAPEL 3 D DENGAN BAHASA PHYTON SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA JAWA
Masih banyak remaja mengalami kesulitan dalam menghafal aksara Jawa. Hal ini dikarenakan terjadinya kurangnya pemanfaatan dan penggunaan aksara jawa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu tersebut lambat laun akan sirna. Selain itu, aktifitas remaja sekarang ini mayoritas lebih banyak menyenangi bermain game daripada belajar, apalagi game yang banyak disajikan adalah game yang berlatarbelakang dan berkarakter budaya asing. Game 3D pengenalan aksara Jawa ini dirancang sebagai media alternatif pengelanan dan pelestarian kebudayaan Jawa kepada kalangan remaja. Sehingga dapat menarik minat penggunanya. Perancangan game 3D pengenalan aksara Jawa ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat Game 3D dengan menggunakan “Ketapel” sebagai Media pengenalan Aksara Jawa.
Proses perancangan dilakukan dengan mengikuti prosedur PIECES (Performance, Information, Economic, control, efficiency dan service) yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah tersebut diawali dari perumusan latar belakang masalah, ide, praproduksi, produksi dan paska produksi game 3D. Data-data berupa gambar aksara Jawa, gambar latar belakang, gambar karakter “ketapel” dan lawan, gambar pendukung, serta suara diolah untuk menjadi sebuah game dengan ditambahkan logika pada alur game sesuai dengan sinopsis yang telah dibuat.
Produk yang dihasilkan adalah sebuah game 3D dengan karakter “Ketapel” sebagai gambar latar belakang menu dan picture slide yang ditampilkan pada saat player kalah dan menang dengan alur cerita mengumpulkan aksara Jawa yang terdapat pada peta. Hasil perancangan ini menunjukkan bahwa merancang game animasi berbasis grafis 3 dimensi membutuhkan langkah-langkah yang runtun agar dapat menghasilkan game yang menarik serta memudahkan dalam proses perancangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lanjut misalnya, pengembangan sipnosis game, animasi karakter, mapping pada objek, serta memperkaya perbendaharaan script python untuk menciptakan game yang lebih realistis dengan karakter yang mempunyai AI (Artificial intellenge).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain