GAME ARCHITECTURE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Perkembangan jaman yang tidak diimbangi dengan kualitas mental yang baik akan menimbulkan dampak buruk. Salah satunya adalah budaya daerah yang semakin ditinggalkan. Namun di sisi lain, perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memasukkan nilai-nilai yang baik dan berguna bagi masyarakat, khusunya anak-anak generasi penerus bangsa. Dari kedua pernyataan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi dapat membawa masyarakat ke arah yang lebih baik ataupun lebih buruk tergantung dari penggunaannya. Memanfaatkan keadaan yang ada, ditemukanlah sebuah terobosan untuk melestarikan budaya daerah melalui permainan yang ditujukan kepada anak-anak usia sekolah dasar. Melalui permainan ini, diharapkan anak-anak akan tertarik untuk bermain sambil belajar. Menimbang sebuah fakta dimana pembelajaran yang diterapkan dalam bentuk permainan biasanya lebih mudah dicerna oleh pemikiran anak-anak, maka penulis memutuskan untuk mengangkat tema aksara Jawa dalam penelitian yang berjudul “Game Adventure Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Permainan ini menggabungkan dua jenis permainan yaitu action dan typing dimana pemain menggerakkan karakter utama dari titik awal ke titik akhir melewati rintangan dan mengalahkan musuh dengan cara mengetikkan jawaban pada soal yang telah disediakan. Dengan adanya permainan ini, budaya daerah yang awalnya ditinggalkan dapat menjadi pelajaran yang menarik lagi, karena adanya perpaduan antara belajar dan bermain
01-2240 | 01-2240 | My Library (01) | Tersedia - No Loan |
Tidak tersedia versi lain