SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GUNA MENENTUKAN LOKASI SEKOLAH .
ABSTRAK
Huda, Alnor (2015). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GUNA MENENTUKAN LOKASI SEKOLAH. Tugas Akhir, Program Studi Strata -1 Teknik Informatika STIKI – Malang. Pembimbing : Anita, S.Kom, MT. , Co. Pembimbing: Go Frendi, M.Kom.
Kata Kunci : Sekolah Luar Biasa, WEBGIS, Anak Berkebutuhan Khsusus.
Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Yang termasuk kedalam kategori anak berkebutuhan khusus antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan. istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa dan anak cacat. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, anak berkebutuhan khusus memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi anak. Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sekolah yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya internet maka berbagai informasi dan pengetahuan akan lebih mudah didapat, masyarakat bisa mencari suatu lokasi yang belum mereka ketahui. Saat ini ada banyak tempat pendidikan anak berkebutuhan khusus, tetapi banyak masyarakat umum terutama orang tua anak berkebutuhan khusus kesulitan mencari data sekolah yang disebabkan karena minimnya data.Dari permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa webgis dapat digunakan sebagai media pencarian sekolah bagi para orang tua anak berkebutuhan khusus karena didalamnya sudah terdapat fasilitas pencarian berdasarkan golongan, jenjang dan fasilitas masing-masing sekolah, yang dihasilkan sehingga pencarian lokasi sekolah luar biasa tersebut menjadi lebih akurat
01-2330 | 01-2330 | My Library (01) | Tersedia - No Loan |
Tidak tersedia versi lain