PEMANFAATAN CORONA SDK DALAM PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID
Teknologi yang berkembang saat ini sudah menyentuh ke dalam dunia
pendidikan. Hampir semua jenjang pendidikan tidak terlepas dari teknologi. Pada
pembelajaran matematika khususnya pada jenjang Sekolah Dasar kelas tiga yang
melingkupi materi pelajaran serta memerlukan media atau sarana belajar yang
tidak sekedar membantu siswa dalam proses pembelajaran. Lebih dari itu, dengan
media diharapkan memberikan nilai tambah dalam proses belajar siswa. Salah
satu media belajar matematika bagi siswa adalah game edukasi yang dibangun
dengan memperhatikan cakupan kebutuhan materi belajar matematika pada siswa
kelas tiga Sekolah Dasar. Pada tahap perancangan game edukasi pertualangan
“Kapten Indonesia – Petualangan Hutan Matematika” ini, sebelumnya dilakukan
analisis kebutuhan dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selanjutnya pada tahapan proses
membangun game edukasi “Kapten Indonesia – Petualangan Hutan Matematika”
berbasis Android digunakan engine Corona SDK untuk memberikan kualitas
visual yang menarik agar mampu meningkatkan minat siswa kelas empat Sekolah
Dasar untuk belajar. Pertimbangan dipilihnya game edukasi berbasis Android
karena hampir semua kalangan menggunakannya untuk beraktivitas, baik untuk
melakukan pekerjaan, keperluan pendidikan ataupun sebagai saran hiburan.
Akhirnya pada pembangunan game edukasi “Kapten Indonesia – Petualangan
Hutan Matematika” berbasis Android ini diharapkan mampu mengembangkan
kemampuan dan keterampilan siswa dalam belajar matematika kapan pun dan di
manapun.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain