Dalam aktifitasnya Subbag. Kepegawaian FKIP UNPAR belum menerapkan sistem komputerisasi secara optimal, karena penggunaan teknologi komputer hanya sebatas pengetikan seluruh data pegawai yang tela di persiapkan sebelumnya dengan menggunakan aplikasi MS-Word dan MS-Excel, sehingga dalam menghasilkan seluruh laporan yang akurat dan tepat relatif lama serta kapasitas memori pendataan yang dihasilkan sangat besar. Apabila data di butuhkan kembali, maka Subbag. Kepegawaian akan sulit mencarinya dikarenakan file yang di butuhkan tidak terkelola dengan baik atau mungkin saja hilang.
Dalam rancangan sistem yang di buat, diharapkan setiap masalah pelaporan dari pendataan kepegawaiaan FKIP UNPAR yang dibutuhkan dapat berkurang sehingga mempermudah dalam pembuatan laporan kepada pihak-pihak yang memerlukan informasi sehingga dapat menjadi akurat dan terpercaya. Terdapat fasilitas pendataan kepegawaian yang ada meliputi: (1) Pendataan cuti pegawai, (2) Pendataan tugas dinas pegawai, (3) pendataan rekap presentasi pegawai,(4) Pendataan disiplin pegawai,(5) pendataan penilaian DP3, (6) Pendataan penilaian AKD, (7)Pendataan penilaian AKD.
Pada laporan TA ini akan dibahas cara membangun suatu rancangan sistem dan implementasi menjadi sebuah program berdasarkan data-data yang di dapat serta pembahasan langkah-langkah membangun sampai pengujian sebuah sistem program.